Home Bidang Sosial Sosialiasasi Ketentuan Dan Peraturan Dilingkup Yayasan Kartika Jaya

Sosialiasasi Ketentuan Dan Peraturan Dilingkup Yayasan Kartika Jaya

E-mail Cetak PDF
WARTA YAYASAN

Sosialiasasi Ketentuan Dan Peraturan Dilingkup Yayasan Kartika Jaya

Dipenghujung tahun 2011, agenda kegiatan Yayasan Kartika Jaya yang harus diselesaikan adalah “Sosialisasi Ketentuan dan Peraturan di Lingkup Yayasan kartika Jaya”. Agenda ini, merupakan implementasi Undag-Undang Republik Indonesia tetang yayasan, yang pelaksanaanya diatur melalui Keppres, Permenhan (Peraturan Menteri Pertahana), Permenkeu (Peraturan Menteri Keuangan, perpangti (Peraturan Panglima TNI) sampai perkasad (Peraturan KASAD).

Kegiatan Sosialisasi yang pertama dilaksanakan tanggal 20 s.d 21 September 2011, bertempat di Graha Silliwangi, diikuti oleh Cabang XIX Siliwangi, Cabang Seskoad, Cabang X Kodiklat, dan Cabang XIV Secapa AD, yang dihadiri oleh:
  1. Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ibu Kiki Pramono Edhi Wibowo
  2. Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ibu Elisabeth C. Simbolon
  3. Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ibu Niniek M. Jahja
  4. Wakil Ketua dan Staff Pengurus Yayasan Kartika Jaya (Pusat)
  5. Pengawas Yayasan Kartika Jaya, Bapak Sumarwoto, Ibu Illa Idris Gassing dan Ibu Sukmawati
  6. Peserta adalah Pengurus Yayasan Kartika Jaya Cabang , Pengawas Cabang dan Koordinator, seluruh berjumlah 189 peserta.
Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan ke Cabang-Cabang lain sampaii ke dua puluh Cabang terlampaui. Kegiatan ini ditutup di Cabang XVIII Jayakarta yang diikuti oleh Cabang XV kopassus, Cabang VII mabesad pada tanggal 21 Desember 2011, saat itu dihadiri oleh 317 peserta.
 


Isi sosialisasi tersebut dibagi menjadi 2 bagian:
  1. Sosialisasi “Administrasi secara umum”, didalamnya memuat tentang Anggaran Rumah Tangga (ART) yang telah disesuaikan, ketentuan Sertijab dan ketentuan penting lainnya, seperti “Pedoman untuk para guru yang mengajar di Sekolah Kartika”, terutama “Kebijakan Pembina” yang menjadi pedoman para pengelola Yayasan Kartika Jaya dalam berkerja.
  2. Sosialisasi “Administrasi Khusus”, mengenai Pengelolaan Keuangan dan Sistim Pembikuan sesuai PSAK’45 (Pernyataan Standard Akutansi Keuangan No. 45) yang merupakan pedoman pembukuan keungan yayasan dan badan hokum nirlaba lainnya yang berlaku umum diseluruh Indonesia. Pada bagian ini disampaiakn juga “jam Pengawas”.
Pada setiap ahkir pelaksanaan sosialisasi disetiap Cabang, disampaikan bebrapa Penekana dari Pembina Yayasan Kartika Jaya, sebagi berikut:
  1. Para pemimpin yayasan agar merubah kebiasaan “menggunakan dana yayasan sesuka-suka tanpa mengunakan aturan yang berlaku”.
  2. Pimpinan Yayasan Cabang tidak diperkenankan memungut dana dari coordinator dibawahnya.
  3. Mengajukan Persetujuan Penggunaan Dana kepada Pembina harus melalui ketua Yayasan Kartika Jaya (Pusat) dengan tembusan Pengawas. Pngajuan dana harus disertai proposal lengkap.
  4. Penggunaan Dana Pendidikan maupun Bidang Usaha harus memperhatikan Pembagian Prosentase yang telah ditetapkan.
  5. Bantuan social yang diturunkan dari Yayasan Kartika Jaya (Pusat) agar dikirimkan pertanggung jawaban dan dievaluasi.
  6. Tingkatkan Pemahaman Penyelenggaraan Pendidikan di daerah masign-masing yang berkerja sama dengan Diknas setempat.
  7. Tingkatkan Hubungan Yayasan dengan Para pemimpin Sekolah yang dimiliki, sehingga segala kewajiban Guru terhadap Pimpinan Yayasan daapt dilaksanakan lebih maksimal, begitu pula sebaliknya.
  8. Tingkatkan komunikasi dan kerja sama antar Pengurus dengan Pengawas Yayasan, supaya tujuan yayasan tercapai lebih baik termasuk komunikasi dengan Pengurus yang dipusat.
  9. Hasil Pelatihan adinistrasi keuangan ini terus dipelajari dan dilaksanakan.
Menurut Ketua Pembina, Ibu Kiki Pramono Edhi Wibowo, dalam sambutan penutupan sosialisasi, baj]hwa, “Kegiatan sosialisasi ini sebenarnnya merupakan ‘Pelatihan’ bagi seluruh pengelola yayasan agar mampu membuka diri untuk menerima perubahan sesuai perkembangan yang ada, dan dapat merubah cara pandang (Point Of Views) kita terhadap makna keberadaan yayasan dan tugas-tugas kita sekarang maupun di masa depan. Sebagai dasar ketika kiat memilih menjadi istri seorang prajurit, yang secara otomatis menjadi anggota Persit Kartika Chandra Kirana dan sebagai pengelola Yayasan Kartika Jaya sesuai dengan kapasitas masing-masing”.

Mudah-mudahan apa yang telah kita laksanakan menjadi berkah bagi kia semua khusunya keluarga besar Persit Kartika Chandra Kirana sebagai pemilik Yayasan Kartika Jaya dan TNI AD pada umumnya.

       Sambutan dan Pengarahan Anggota Pembina Yayasan Kartika Jaya

              Penjelasan tetang keuangan Yayasan oleh Pengawas Yayasan Kartika Jaya Bpk. Sumarwoto

Peserta Sosialisasi Yayasan Kartika Jaya Cabang IX Kostrad

Sambutan Ketua Yayasan Kartika Jaya Dra. Niniek M Yahya, M. Si

 

Peserta Sosialisasi Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV Iskandar Muda

Konsultan Keuangan sedang memberikan arahan kepada perserta

Pengawas dari masing-masing koordinator

Konsultan Keuangan menyampaikan Materi

Perserta Sosialisasi sedang bertanya

             Sambutan Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi Ny. Lia M. Munir

Peserta Sosialisasi

Ketua Umun dan Anggota Pembina sedang meninjau kegiatan Bazar di sela-sela Sosialisasi

Perwakilan pemberian Beasiswa kepada Guru yang berprestasi

Foto bersama Ketua Pembina disela-sela acara Sosialisasi di Siliwangi

Foto bersama

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 21 Februari 2012 16:44 )  

Sekapur Sirih

 
Salam Sejahtera ,

Keluarga Besar Yayasan Kartika Jaya yang saya banggakan,

Ini tahun ke dua kita mengelola www.kartikajaya-pusat.org  Harapan saya,  bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin tahu tentang Yayasan Kartika Jaya.
 
 

Sedang Online

Kami memiliki 2 Tamu online